Saat ini, setiap orang perlu memiliki soft skills maupun hard skills yang mumpuni, agar bisa menarik perhatian pihak perusahaan, mengingat persaingan di dunia kerja semakin ketat. Dengan kata lain, semakin banyak kemampuan yang Anda kuasai, maka semakin besar pula peluang Anda untuk sukses dalam berkarir.
Perlu dicatat bahwa terdapat beberapa skills yang sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini dan wajib Anda ketahui. Artikel ini akan menjelaskannya satu per satu, simak hingga selesai!
Apa itu Hard Skills?
Hard skills merujuk pada pengetahuan teknis atau keterampilan yang diperoleh melalui pendidikan dan latihan. Kemampuan ini memungkinkan seseorang untuk memiliki pengalaman yang mendalam dalam karir atau bidang tertentu. Contohnya meliputi manajemen database, arsitektur, pemasaran SEO dan analisis statistik.
Lantas, apa saja hard skills yang wajib Anda miliki? Berikut daftarnya.
1. Mengoperasikan Berbagai Tools
Penting sekali untuk Anda memiliki kemampuan menggunakan berbagai tools yang sesuai dengan profesi yang ditekuni. Sebagai contoh, jika Anda bekerja di bidang SEO, maka Anda perlu menguasai berbagai perangkat SEO seperti Google Analytics, Google Search Console, Ahrefs, Semrush, Ubersuggest, dan sebagainya.
2. Bahasa Asing
Saat ini, dunia kerja terus berkembang seiring dengan adanya arus globalisasi dan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, menjadi suatu keharusan untuk dapat bersaing dalam dunia kerja modern. Anda dapat mengikuti berbagai kursus bahasa asing untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.
3. Analisis Data
Dalam dunia kerja saat ini, data menjadi elemen kunci yang mendukung berbagai kegiatan di berbagai instansi atau perusahaan. Oleh karena itu, keahlian dalam analisis data menjadi suatu keterampilan teknis yang sangat penting untuk dikuasai. Kemampuan analisis data melibatkan keterampilan membaca, mencari dan menyajikan data, diikuti oleh kemampuan menganalisis data untuk menyusun laporan, meramalkan peristiwa, serta merumuskan langkah-langkah yang perlu diambil ke depan, demi kemajuan perusahaan.
Baca Juga:
Cara Mengembangkan Growth Mindset
4. Digital Marketing
Kemampuan pemasaran, terutama dalam ranah digital marketing, merupakan suatu aspek yang sangat vital. Digital marketing mencakup strategi pemasaran yang dilakukan melalui berbagai saluran digital, termasuk situs web, iklan digital dan platform media sosial. Keahlian dalam mempromosikan produk, layanan, atau merek secara digital menjadi esensial untuk meningkatkan brand awareness yang pada gilirannya dapat berdampak positif pada jumlah prospek dan konversi.
5. Content Creating
Konten memiliki potensi besar sebagai elemen pendorong utama dalam membangun citra merek, baik itu untuk individu, perusahaan ataupun lembaga. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki kemampuan menciptakan konten, baik dalam bentuk tulisan, gambar, atau video.
Apa itu Soft Skills?
Soft skills lebih berfokus pada aspek komunikasi, keterampilan sosial dan kebiasaan. Keterampilan ini berkaitan erat dengan kemampuan berinteraksi dan bersosialisasi, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkungan kerja. Jika hard skills membantu dalam menyelesaikan tugas pekerjaan secara spesifik, maka soft skills membantu menciptakan atmosfer kerja yang produktif, efektif dan positif.
Lantas, soft skills apa saja yang diperlukan dalam dunia kerja?
1. Komunikasi
Keterampilan utama yang perlu dikuasai adalah kemampuan komunikasi, sebuah soft skill yang menjadi dasar penting di berbagai profesi. Meskipun saat ini sudah banyak pekerjaan yang dilakukan secara remote (tanpa berhadapan langsung dengan rekan kerja) namun kemampuan komunikasi tetap menjadi kebutuhan esensial.
Diperlukan kemampuan untuk berbicara dengan rekan kerja, klien, atasan dan pihak lainnya dengan baik, lancar, jelas, dan tanpa canggung. Selain itu, kemampuan komunikasi ini juga mencakup keterampilan berbicara di depan umum dan melakukan presentasi.
2. Kerja Sama
Kemampuan bekerja sama menjadi hal yang sangat krusial untuk dimiliki. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan kembali kemampuan kerjasama dalam tim agar dapat bekerja lebih produktif, memenuhi batas waktu, efektif, dan membentuk hubungan yang kuat dengan sesama rekan kerja.
Baca Juga:
3. Manajemen Waktu
Dalam lingkungan kerja yang dinamis, kemampuan manajemen waktu menjadi kunci untuk beradaptasi dengan efisien. Tanpa kemampuan manajemen waktu yang baik, risiko stres akibat tumpukan pekerjaan atau kurangnya waktu istirahat menjadi lebih tinggi.
Oleh karena itu, sangat penting untuk mulai melatih keterampilan manajemen waktu dari sekarang. Tentukan dengan jelas kapan dan berapa lama Anda akan fokus pada pekerjaan untuk mencapai produktivitas optimal, kemudian alokasikan waktu untuk istirahat atau melakukan kegiatan yang bersifat hiburan. Pastikan bahwa jam kerja berada dalam batas normal, sehingga Anda dapat beristirahat dengan kualitas yang baik.
4. Problem Solving
Dalam dunia kerja, menghadapi tantangan adalah hal yang tak terhindarkan, maka kemampuan problem solving menjadi keterampilan yang sangat esensial. Penting bagi Anda untuk dapat mengatasi masalah di tempat kerja dengan efektif, menemukan solusi terbaik dan secara cermat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi.
5. Leadership
Kemampuan untuk memimpin, baik untuk diri sendiri maupun orang lain, merupakan keterampilan yang sangat dicari oleh perusahaan. Walaupun saat ini posisi Anda mungkin saja belum memerlukan kemampuan leadership namun sangat disarankan untuk terus mengembangkannya. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan peluang sebagai pemimpin dalam suatu proyek tertentu.
Sumber: