Meskipun keadaan saat ini sudah kembali normal, namun ternyata masih banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja secara hybrid. Selain memudahkan fleksibilitas jam kerja, sistem ini juga terbukti meningkatkan kualitas “work-life balance”.
Akan tetapi, tidak semua orang cocok dengan sistem ini karena beberapa alasan, salah satunya adalah merasa kurang produktif saat bekerja dari rumah. Banyak yang merasa bahwa saat kerja dari rumah, mereka mendapatkan banyak distraksi dan kurangnya motivasi karena tidak ada keberadaan rekan kerja.
Oleh karena itu, artikel ini akan membahas berbagai tips agar Anda lebih produktif saat melakukan pekerjaan kantor dari rumah. Yuk, simak sampai selesai!
Mempersiapkan Diri
Bekerja dari rumah bukan berarti Anda bisa seenaknya melakukan pekerjaan sambil merebahkan badan atau menonton acara kesukaan di sosial media. Justru, hal tersebut harus dihindari agar tingkat produktivitas tidak menurun.
Anda bisa memulainya dengan menyiapkan diri sama seperti Anda menyiapkan diri saat bersiap pergi ke kantor. Contohnya, mandi pagi, menikmati kopi pagi, dan sarapan.
Atur Jadwal dan Buat To Do List
Anda harus membiasakan untuk mengatur jadwal dan membuat daftar apa yang harus dikerjakan dan diselesaikan meskipun bekerja dari rumah. Apabila tidak melakukannya, maka Anda bisa lupa terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda.
Tentukan Posisi Ternyaman
Temukan posisi dan tempat yang membuat Anda merasa nyaman untuk bekerja. Apabila tempat itu menurunkan produktivitas Anda, maka hindari. Misalnya, ketika bekerja di atas kasur malah membuat Anda cepat mengantuk, maka segera hindari dan mencari tempat lain.
Hindari Multitasking
Fokus pada pekerjaan Anda ketika sedang bekerja di rumah. Usahakan untuk menghindari kegiatan lain, seperti kumpul bersama teman, menonton televisi, bermain dengan hewan peliharaan atau berbagai kegiatan lainnya yang dapat mengganggu pekerjaan Anda.
Sumber:
https://puslapdik.kemdikbud.go.id/tips-tetap-produktif-saat-bekerja-dari-rumah/