NAS Online
  • October 16, 2023
  • admin-sertimedia
  • 0

Seluruh perusahaan yang ada di dunia ini tentu ingin bersaing di kancah global, termasuk perusahaan di Indonesia. Mereka diharapkan dapat bertahan menghadapi berbagai persaingan yang semakin sengit di masa mendatang. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu standar kualitas dalam penanganan manajemen perusahaan untuk menghadapi hal tersebut.

Standar ini disebut sebagai ISO 9001 yang tujuannya dijadikan sebagai sistem manajemen mutu berskala internasional. Mari ketahui lebih lanjut pada artikel ini.

Sertifikasi Manajemen Mutu (ISO 9001)

Sistem manajemen mutu atau kualitas merupakan salah satu komponen penting yang wajib dimiliki setiap perusahaan. Sistem ini dilakukan agar perusahaan dapat menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap layanan produk atau jasa yang dihasilkan. Maka dari itu, diperlukan sebuah sertifikasi yang menjamin manajemen mutu dilakukan dengan tepat oleh tiap-tiap perusahaan.

Sertifikat ISO 9001 merupakan sertifikasi standar mutu yang paling banyak digunakan oleh perusahaan penyedia produk maupun penyedia jasa. Sertifikat ini sendiri merupakan standar internasional yang berkaitan dengan manajemen kualitas dan mutu. Oleh karena itu, lembaga sertifikasi ISO 9001 akan memberikan beberapa persyaratan, rekomendasi desain, hingga standar penilaian.

Baca Juga:

Mengenal Platform Sertifikasi

Mengingat fungsi dari sertifikat ini adalah menilai kelayakan suatu sistem manajemen kualitas dan bukan untuk standar kelayakan produk, tentu semua perusahaan yang ingin berkembang harus menerapkan standar ini.

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat tujuh komponen yang menjadi beberapa fokus pengendalian mutu perusahaan, yakni fokus pada pelanggan (customer focus), kepemimpinan (leadership), dan keterlibatan sumber daya manusia (engagement of people).

Fokus selanjutnya adalah proses pendekatan (approach process), perbaikan (improvement), pengambilan keputusan berdasar fakta dan data (evidence-based decision making), sertamanajemen hubungan (relationship management).

Fungsi & Manfaat Sertifikasi Manajemen Mutu

Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat pentingnya sebuah perusahaan memenuhi sertifikasi manajemen mutu, antara lain:

1. Menjamin Kualitas dan Mutu


Sertifikasi ini akan menilai kualitas serta mutu yang diberikan oleh perusahaan sehingga bagi pelanggan yang menjalin kerja sama dengan perusahaan yang menerapkan ISO 9001 akan memperoleh jaminan mutu dan kualitas yang terus diperbaiki. Selain itu, sertifikasi ISO 9001 akan terus diperbaiki dan dinilai secara berkesinambungan sehingga konsumen akan memperoleh pelayanan yang sudah ditingkatkan.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan akan Perusahaan


ISO 9001 memberikan jaminan bahwa perusahaan  telah memiliki sistem manajemen kualitas dan mutu yang sesuai dengan standar yang telah diakui secara internasional. Oleh karena itu, perusahaan besar umumnya hanya mau bekerjasama dengan perusahaan yang telah memiliki standar ISO 9001.

Baca Juga:

Era Baru Sertifikasi

3. Menjamin Kepuasan Pelanggan


Salah satu tujuan utama standar ISO 9001 adalah untuk memberikan pelanggan kepuasan yang mereka inginkan. Dengan menerapkan sistem manajemen dan penanganan mutu yang berstandar internasional, perusahaan dipastikan mampu menghilangkan hambatan manajemen yang tidak perlu. Hambatan manajemen ini terkadang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan.

4. Sistem yang terdokumentasi

Dokumentasi setiap proses pekerjaan merupakan salah satu ciri dari perusahaan yang telah maju dan berkembang. Sertifikasi ISO 9001 akan menilai apakah dokumentasi yang dilakukan perusahaan telah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hal ini berbeda dengan perusahaan yang belum menerapkan ISO 9001, yang pada umumnya akan sembrono terhadap file pekerjaan dan tidak terdokumentasi dengan baik.

Baca Juga:

Mengenal Growth Mindset dan Cara Mengembangkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *