8 Tips Kerja Dari Rumah Agar Tetap Produktif dan Maksimal

Blog

Meskipun keadaan saat ini sudah kembali normal, namun ternyata masih banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja secara hybrid. Selain memudahkan fleksibilitas jam kerja, sistem ini juga terbukti meningkatkan kualitas “work-life balance”.

Akan tetapi, tidak semua orang cocok dengan sistem ini karena beberapa alasan, salah satunya adalah merasa kurang produktif saat bekerja dari rumah. Banyak yang merasa bahwa saat kerja dari rumah, mereka mendapatkan banyak distraksi dan kurangnya motivasi karena tidak ada keberadaan rekan kerja.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas berbagai tips agar Anda lebih produktif saat melakukan pekerjaan kantor dari rumah. Yuk, simak sampai selesai!

Mempersiapkan Diri

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda dapat melakukan pekerjaan sambil merebahkan badan atau menonton acara kesukaan di sosial media. Justru, hal tersebut harus Anda hindari agar tingkat produktivitas tidak menurun.

Anda bisa memulainya dengan menyiapkan diri sama seperti Anda menyiapkan diri saat bersiap pergi ke kantor. Contohnya, mandi pagi, menikmati kopi pagi, dan sarapan.

Mengatur Jadwal dengan Membuat To Do List

Anda harus membiasakan untuk mengatur jadwal dan membuat daftar apa yang harus dikerjakan dan diselesaikan meskipun bekerja dari rumah. Apabila Anda tidak melakukannya, maka Anda bisa lupa terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda.


Baca Juga:

Tips Manajemen Waktu

Menentukan Posisi Ternyaman

Sumber: Freepik.com

Temukan posisi dan tempat yang membuat Anda merasa nyaman untuk bekerja. Apabila tempat itu menurunkan produktivitas Anda, maka hindari. Misalnya, ketika bekerja di ruang AC malah membuat Anda cepat mengantuk, maka segera hindari dan mencari tempat lain.

Menghindari Multitasking

Fokus pada pekerjaan Anda ketika sedang bekerja di rumah. Usahakan untuk menghindari kegiatan lain, seperti kumpul bersama teman, menonton televisi, bermain dengan hewan peliharaan atau berbagai kegiatan lainnya yang dapat mengganggu pekerjaan Anda.

Jangan Lupa untuk Istirahat Sejenak

Jika Anda merasa jenuh saat bekerja dari rumah, cobalah untuk sejenak keluar dan menghirup udara segar.Cara efektif bekerja dari lainnya adalah melakukan jalan-jalan ringan di sekitar rumah selama 10 menit untuk membantu menyegarkan pikiran. 

Anda juga bisa membeli camilan yang dapat meningkatkan energi dan mendukung produktivitas kerja. Setelah itu, kembali duduk dan lanjutkan pekerjaan dengan lebih fokus.

Menghindari Bekerja di Tempat Tidur

Bekerja di tempat tidur sambil tidur memang terasa nyaman, tapi sayangnya dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi malas. Saat Anda rileks di tempat tidur, tubuh malah mengira Anda sedang istirahat, padahal Anda ingin bekerja. 

Baca Juga:

Menggunakan Teknik Pomodoro

Sumber: Freepik.com

Salah satu cara efektif untuk manajemen waktu saat kerja dari rumah adalah menggunakan teknik “Pomodoro”. Teknik ini melibatkan pembagian waktu kerja menjadi interval 25 menit, yang disebut “Pomodoro”, diikuti dengan istirahat singkat selama 5 menit. 

Setelah empat Pomodoro, ambil istirahat lebih panjang sekitar 15-30 menit. Dengan cara ini, kamu bisa menjaga fokus dan menghindari kelelahan mental, serta meningkatkan efisiensi kerja.

Membuat Suasana di Rumah Seperti di Kantor

Saat bekerja dari rumah, Anda bisa menciptakan suasana yang mirip dengan kantor. Mulailah pagi dengan membuat kopi atau teh, lalu duduk di meja dengan perangkat kerja yang sudah siap. 

Agar lebih mendukung, tambahkan elemen-elemen seperti lampu meja atau dekorasi kantor lainnya di ruang kerjamu yang ada di rumah. Hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih profesional dan nyaman untuk bekerja.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah. Mulai dari menciptakan ruang kerja yang nyaman, menggunakan teknik Pomodoro, hingga memberi jeda untuk menyegarkan diri, semua itu bisa membantu menjaga fokus dan semangat kerjamu. 

Referensi:

Tags :